3 Jenis Obligasi Pemerintah Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

  • Bagikan
Obligasi Pemerintah Indonesia

Obligasi Pemerintah Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui, Ngomong-ngomong obligasi, mungkin kamu semua telah mengetahuinya.

Apalagi jika pada saat sekolah kamu memdapatkan pembajalaran tentang obligasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat bahkan lupa dengan definisi dari obligasi tersebut.

Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa obligasi ini sendiri merupakan suatu surat pernyataan.

Dimana surat pernyataan tersebut, merupakan rincian utang yang dimiliki oleh pemerintah. Tidak hanya pemerintahan di indonesia saja, bahkan negara di asia memiliki nama sendiri tentang obligasi tersebut.

Yang memiliki kepanjangan dari surat utang negara atau yang sering dikenal dengan obligasi tersebut.

Namanya juga utang, yang dimana harus dilunasi oleh suata negara yang memiliki pemerintahan tersebut.

Dan perlu kamu ketahui juga bahwa, indonesia ini memiliki obligasi dengan nama SUN. Dimana SUN tersebut memiliki arti dan kepanjangan tersendiri yang di ciptakan wara indonesia.

Obligasi ini juga terdapat bunga yang dibebankan langsung kepada pemerintah itu sendiri khususnya indonesia.

Obligasi pemerintah ini boleh dijalankam atas dasar hukum yang berlaku di pemerintahan tersebut.

Semua orang dapat menerbitkan obligasi, begitu kamu. Karena perlu ksmu ketahui bahwa, obligasi ini juga merupakan hal yang dapat di investasikan.

Jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang menerbitkan obligasi demi menunjang suatu bisnis yng akna dijalankan tersebut.

Dan obligasi atau surat utang ini, memiliki banyak jenisnya yang perlu ksmu ketahui lebih rinci dan cermat. Artikel kali ini akan menjelaskan kepada kamu apa saja jenis obligasi yag ada di indonesia.

Berikut Jenis Obligasi Pemerintah Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Korporasi

Untuk yang pertama akan dijelaskan kepada kamu obligasi korporasi yang ada di negera kita tercinta yaitu indonesia. Obligasi Pemerintah Indonesia yang satu ini, akan anda temukan pada suatu perusahaan yang ada di indonesia.

Surat utang tersebut diterbitkan oleh suatu perusahaan besar seperti BUMN yang dimana anda ketahui, itu ada di indonesia. Obligasi yang di terbitkan oleh nom pemerintah ini biasanya lebih berisiko.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan masa jatuh temponya diihat dari kondisi perusahaan itu sendiri. Biasanya jika obligasi tersebut bersifat pemerintah, akan memiliki jatuh tempo satu tahun.

Obligasi pemerintah ritel

Selanjutnya merupakan Obligasi Pemerintah Indonesia yang wajib kamu kulik sedalam mungkin. Agar kamu lebih mengerti dan paham tentang berbagai macam obligasi yang ada di indonesia tersebut.

Obligasi yang satu ini, diterbitkan langsung oleh pemerintah yang memiliki tujuan yang dijualkan kepada suatu individu.

Dan yang perlu anda ketahui adalah, surat utang ini akan dijual pada individu dan juga melalui suatu agen dari penjualnya tersebut.

Saving bond ritel

Obligasi Pemerintah Indonesia yang satu ini merupakan perkembangan dari ritel itu sendiri. Yang dimana memiliki tujuan yang satu dan sama oleh semuanya.

Yaitu yang perlu anda ketahui adalah, mengharapkan suatu investor dapat tertarik dengan obligasi yang diterbitkan tersebut.

Jadi pemerintah melakukan riset atau pembaharuan terhadap obligasi tersebut. Dan tidak jarang banyak para investor terkenal yang tertarik degan obligasi tersebut.

Nah itulah beberapa jenis obligasi pemerintah yang wajib kamu ketahui. Dengan artikel ini diharapkan untuk dapat membuat kamu mengetahui jenis obligasi yang ada di indonesia.

Tidak hanya mengetahui dari segi pemerintahan saja. Tetapi, bahkan mengetahui Obligasi Pemerintah Indonesia yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau non pemerintah.

Baca Juga : Tips Keuangan untuk Membeli Handphone dengan Harga Terjangkau

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *