-->

Stik PS2 Rusak, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Stik PS2 rusak sebenarnya bisa Sahabat perbaiki sendiri lho di rumah! Jadi, Sahabat bisa menghemat waktu dan biaya, karena Sahabat tidak perlu keluar uang ekstra untuk reparasi stik PS, kan? Baik itu kerusakan karena tombol mati, analog kanan maupun kiri rusak, atau kabel putus, Sahabat bisa perbaiki sendiri, kok. Simak penjelasan berikut ini untuk langkah-langkahnya, ya.

Stik PS2 Rusak

Sebagian Tombol PS Tidak Berfungsi

Untuk kerusakan ini, Sahabat sebenarnya hanya perlu mengganti karet PAD yang berada di bawah tombol. Tapi, kalau Sahabat masih ingin menggunakan karet yang lama, coba Sahabat gosok-gosok karbon pada karet dengan cairan alkohol 70% menggunakan kain sampai karet tak lagi terlihat mengkilap. Soalnya, karet yang sudah lama digunakan umumnya memang jadi terlihat mengkilap dan licin. Dan untuk membuka casing-nya, Sahabat cukup gunakan obeng plus kecil. Mudah, kan?

Kerusakan pada Analog Kanan atau Kiri

Saat analog kiri stik PS2 rusak, Sahabat pasti sering mengalami bahwa objek atau karakter yang dimainkan bisa jadi tidak dapat digerakkan sama sekali, atau bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri. Sedangkan kerusakan pada analog kanan bisa diketahui apabila ruang dalam permainan PS tiba-tiba berputar sendiri ketika Sahabat bermain PS.

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Sahabat perlu siapkan dulu solder dan penghisap timah agar bisa melepas timah pada kaki-kaki analog yang mengalami kerusakan, baru kemudian cabut analog dan ganti dengan analog yang masih baru. Setelah itu, pasang atau solder kembali.

Hanya saja, sebelum Sahabat mengganti analog lama dengan analog baru, Sahabat perlu cek terlebih dahulu kondisi kabel pita yang terhubung dengan PCB analog menggunakan multitester. Pasalnya, apabila ada salah satu kabel yang putus atau lepas, bisa jadi sebenarnya inilah penyebabnya, dan analog stik PS2 Sahabat sebenarnya masih dalam kondisi yang oke.

Oleh karenanya, patikan dulu kalau kabel pitanya masih terhubung sebelum Sahabat ganti analognya, ya! Karena bisa jadi, sebenarnya Sahabat tidak perlu mengganti analognya.

Stik Kabel Putus

Pada stik PS2, kabel-kabelnya terdiri atas total delapan kabel kecil berwarna. Oleh karena itu, apabila ada satu kabel saja yang putus, jelas stik PS jadi tidak bisa digunakan lagi, kan? Biasanya, kerusakan karena putusnya kabel stik bisa diketahui ketika layar TV tiba-tiba menjadi gelap saat Sahabat bermain, atau munculnya tulisan “controller” pada layar seolah-olah Sahabat baru saja mencabut stik PS, padahal tidak.

Apabila Sahabat yakin penyebab kerusakan adalah putusnya kabel pada stik PS2, Sahabat perlu lepaskan kabel dari PCB terlebih dahulu menggunakan solder. Setelah itu, cek kondisi kabel dan pastikan Sahabat mengingat urutan kabel yang terhubung dengan PCB juga, ya.

Setelah kabel dilepas, potong kabel kira-kira sejengkal dari ujung yang dilepas tadi, kemudian cekmenggunakkan multitester. Apabila tidak ada yang putus, Sahabat bisa kembali pasang sesuai urutan dan gunakan stik PS-nya lagi.

Baca Juga : 200 Referensi Desain Dan Model Aquascape Berdasarkan Tema

Akan tetapi, jika ternyata masih ada yang putus, Sahabat perlu buang dang anti dengan kabel yang baru. Kemudian, pasang kembali kabel ke PCB menggunakan solder. Apabila Sahabat kesulitan ketika akan memasangkan kabel di lubang-lubang yang ada di PCB, Sahabat bisa solder langsung dari belakang tanpa harus lewat lubang PCB. Yang penting, urutan pemasangannya atau warnanya benar ketika Sahabat memasangnya kembali.

Ternyata, stik PS2 yang rusak bisa diperbaiki sendiri di rumah dengan mudah, ya? Kalau Sahabat punya stik yang rusak dan masih malas membawanya ke tukang servis, Sahabat bisa coba cara-cara di atas sendiri, lho!

0 Response to "Stik PS2 Rusak, Bagaimana Cara Memperbaikinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel