-->

Perencanaan Keuangan untuk Mencegah Kondisi Ekonomi yang Semakin Memburuk Karena Pandemi

Hampir setahun pandemi virus corona menyerang dunia, dampak yang dirasakan oleh masyarakat juga terasa begitu jelas. Tak hanya di Indonesia saja melainkan seluruh dunia. Karena banyak sektor bisnis yang diruntuhkan oleh pandemi tersebut. 

Memicu angka pengangguran yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tak heran jika seandainya hal ini memicu banyak negara mengalami penurunan ekonomi, termasuk diantaranya Indonesia sendiri yang tengah menghadapi masa resesi. Pastinya butuh waktu yang lama untuk bisa memulihkan kondisinya seperti sedia kala. 

Itulah mengapa kita juga harus bersiap-siap, diantaranya adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang baru. Jangan sampai nantinya pandemi virus Corona ini justru memicu stress dalam diri Anda. 

Perencanaan Keuangan


Bahkan juga menyebabkan munculnya penyakit baru. Berikut ini diantaranya beberapa langkah untuk merencanakan keuangan agar tetap sehat di masa pandemi ini, yaitu: 

1. Evaluasi lagi sumber penghasilan Anda, karena banyak perubahan yang terjadi pada saat pandemi virus Corona ini menyerang. Maka hendaknya Anda mengevaluasi kembali income atau sumber pemasukan. 

Sehingga nantinya akan tahu berapa jumlah penghasilan baru yang diterima setiap bulannya, apakah mengalami penurunan atau bahkan tak ada lagi sumber pemasukan utama karena sudah terkena PHK.

Evaluasi ini akan mempermudah Anda untuk membuat anggaran keuangan yang baru, sesuai dengan income yang didapatkan tersebut.

2. Hindari utang konsumtif, selama kondisi keuangan Anda masih stabil, maka jangan mengambil utang untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif. 

Karena akan kesulitan di dalam membayar cicilan atau melunasi hutang tersebut nantinya. Jika memang bisa membeli sesuatu secara tunai, maka jangan pernah berhutang, karena sistem pembayaran secara cicilan ini akan membebani Anda pada akhirnya.

3. Berhemat, hemat dan hemat, hal yang hendaknya Anda tekankan kepada diri sendiri. karena tidak ada yang dapat memprediksi kondisi ekonomi yang terjadi pada masa depan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menghemat pengeluaran. 

Apalagi pengeluaran yang ditujukan untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif atau tidak begitu penting, asalkan kebutuhan pokok sudah terpenuhi, maka yang lainnya dapat ditekan, sehingga lebih banyak uang yang dapat di save.

4. Mencari penghasilan tambahan, jangan ragu untuk mencari alternatif penghasilan tambahan, diantaranya adalah dengan menjalankan sebuah bisnis sampingan, apalagi sekarang ini ada banyak sekali jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal, misalnya adalah menjadi reseller dropship untuk produk yang dijual secara online. 

Anda juga bisa mengandalkan bakat yang dimiliki untuk bekerja secara freelance. Ada banyak jasa yang sangat dibutuhkan saat ini.

5. Sisihkan uang untuk investasi, berinvestasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini. Jika memang keuangan memungkinkan tentunya, dengan berinvestasi maka ada passive income yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, tanpa harus banyak bekerja tentunya. 

Tak harus mahal, karena faktanya banyak instrumen investasi yang harganya relatif murah. Dalam setiap investasi ini hendaknya Anda juga memperhitungkan resikonya. Karena selain keuntungan juga tetap ada resiko di setiap produk investasi yang dipilih.

Baca Juga : Asuransi Terbaik Untuk Menjamin Pendidikan Anak

Itulah langkah perencanaan keuangan yang tepat dilakukan selagi pandemi, apalagi tidak ada yang dapat memprediksi kapan kondisi ekonomi di dalam negeri akan membaik. 

Pastikan juga untuk menjaga kesehatan dengan baik, sehingga nantinya bisa meminimalisir resiko untuk terjangkit penyakit, karena biaya berobat sangat mahal, apalagi jika Anda tak memiliki asuransi kesehatan.

0 Response to "Perencanaan Keuangan untuk Mencegah Kondisi Ekonomi yang Semakin Memburuk Karena Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel