Ingin Daftar Sekolah Penerbangan? Inilah Yang Harus Dipertimbangkan Dengan Baik

Pilot menjadi salah satu profesi bergengsi yang banyak diminati. Tidak mengherankan ketika daftar sekolah penerbangan dibuka, maka akan langsung diserbu oleh mereka yang memiliki ketertarikan besar di dunia aviasi. Pilot juga menjadi profesi yang sangat populer di kalangan anak-anak. Dibuktikan bahwa tidak sedikit dari anak-anak terutama laki-laki yang jika ditanya mengenai cita-cita, maka menjadi pilot adalah jawabannya.

Ingin Daftar Sekolah Penerbangan? Inilah Yang Harus Dipertimbangkan Dengan Baik

Indonesia sendiri yang merupakan negara kepulauan telah menjadikan pesawat sebagai salah satu moda transportasi yang penting untuk bisa menjangkau wilayah-wilayah di setiap pulaunya dalam waktu singkat. Sehingga, kebutuhan akan pilot pun tergolong besar agar bisa melayani seluruh masyarakat Indonesia yang ingin berkunjung ke suatu wilayah serta para turis mancanegara yang ingin mengeksplor Indonesia. 

Apa Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sekolah Penerbangan?

Bagi sahabat yang memiliki niat besar untuk bersekolah di sekolah penerbangan, maka memilih sekolah yang tepat haruslah penuh dengan pertimbangan. Apa saja pertimbangan tersebut?

1. Pengajar Mumpuni Dan Fasilitas Terbaik

Pengajar yang mumpuni dengan lisensi yang dikantongi akan mampu mentransfer ilmu penerbangan yang bermanfaat untuk karir pilot Anda ke depannya. Selain itu juga didukung dengan fasilitas terbaik yang akan mendukung proses belajar sahabat. Baik berupa pesawat maupun lapangan udaranya.

2. Banyaknya Lulusan Pilot Profesional

Pastikan agar sahabat memeriksa terlebih dahulu para lulusan dari sekolah penerbangan yang dipilih. Semakin banyak lulusan pilot profesional, maka kualitas sekolah tersebut pun semakin baik dan sahabat memiliki kesempatan besar mewujudkan impian menjadi pilot melalui sekolah tersebut.

3. Kelengkapan Lisensi

Memilih sekolah penerbangan haruslah bisa menyediakan beberapa lisensi yang nantinya akan memudahkan sahabat dalam menjalani profesi sebagai pilot. Paling tidak ada 4 lisensi yang harus sahabat miliki, seperti Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), dan Multiengine Rating (MER).

4. Jam Terbang

Sahabat perlu mempertimbangkan untuk memilih sekolah penerbangan yang menyediakan latihan yang lebih dari jam terbang rata-rata yang biasanya dicari oleh maskapai. Karena biasanya suatu maskapai akan memberikan persyaratan jam terbang minimal yang harus dipenuhi calon pilot.

5. Biaya Pendidikan

Saat daftar sekolah penerbangan, maka yang harus diperhatikan adalah biaya pendidikannya. Biaya di sekolah penerbangan tidaklah murah. Jadi, memilih sekolah penerbangan yang sesuai dengan budget sangatlah penting. Apalagi jika ada keringanan biaya dari sekolah yang bisa membuat beban sahabatterkurangi. Karena biasanya ada sekolah penerbangan yang memberikan keringanan biaya tersebut.

Rekomendasi Sekolah Penerbangan Di Indonesia

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Inilah sekolah penerbangan kedinasan yang ada di Kementerian Perhubungan. Ini bisa menjadi salah satu sekolah penerbangan yang banyak diminati oleh para calon pilot karena biayanya yang tergolong rendah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

2. Bandung Pilot Academy

Sekolah ini bermarkas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung dengan masa sekolah selama 1 tahun. Biaya pendidikan yang ditawarkan sebesar Rp 850 juta dengan 4 lisensi yang nantinya bisa sahabat miliki.

3. Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah ini bermarkas di Buleleng, Bali dan sudah banyak melahirkan pilot-pilot profesional di beberapa maskapai terkenal. Dengan masa sekolah selama 1,5 tahun, sekolah ini menawarkan biaya pendidikan sebesar Rp 700 juta.

4. Alfa Flying School

Sekolah ini bermarkas di Bandara Halim Perdanakusuma. Sahabat bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah ini selama 1,5 tahun dengan biaya sebesar Rp 765 juta dengan 3 lisensi yang akan sahabat dapatkan.

Melalui pertimbangan tersebut, sahabat pun bisa menentukan lebih baik ketika akan daftar sekolah penerbangan. Apalagi ada beberapa sekolah penerbangan populer di Indonesia dengan penawaran biaya yang bervariasi.

0 Response to "Ingin Daftar Sekolah Penerbangan? Inilah Yang Harus Dipertimbangkan Dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel