Memahami Kerja Sistem Imun dalam Tubuh serta Cara Meningkatkannya

Sistem imun adalah sistem pertahanan diri dalam tubuh untuk menangkal serangan virus, bakteri, dan kelainan tertentu yang dapat menyebabkan jatuh sakit. Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang kuat memungkinkan seseorang menjadi sehat dan tidak mudah diserang penyakit. Bagaimanakah sistem ini bekerja dan apa saja yang bisa membuatnya menjadi lebih kuat? Yuk, simak info berikut ini.

Sistem Imun

Definisi Sistem Imun

Sistem imun merupakan serangkaian atau gabungan dari kelompok sel, protein, jaringan dan organ tertentu yang saling bekerja sama untuk melawan benda asing yang akan membahayakan fungsi tubuh. Sistem imun terdiri dari banyak komponen, namun yang memegang peranan paling penting adalah sel darah putih atau leukosit. Leukosit diproduksi dan disimpan di organ-organ yang dinamakan organ limfoid yaitu limpa, sumsum tulang belakang dan timus.

Sel darah putih ini beredar ke seluruh tubuh dengan bantuan pembuluh darah. Mereka bergerak untuk berpatroli memeriksa seluruh keadaan organ dan jaringan tubuh apakah ada yang terkena serangan virus, bakteri, kuman dan lain sebagainya. Sel darah putih terbagi menjadi dua yaitu :

1. Limfosit, yaitu sel darah putih yang bertugas untuk mendeteksi adanya ancaman bahaya dari kuman, virus dan bakteri yang menyerang. Limfosit dibedakan menjadi dua jenis yaitu limfosit B dan limfosit T.

2. Fagosit adalah sel darah putih yang bertugas untuk menyerang dan melawan organisme berbahaya penyebab penyakit.
Bagaimana Cara Kerja Sistem Kekebalan Tubuh Manusia?

Kuman, bakteri, virus dan mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh disebut sebagai bibit penyakit atau antigen. Tubuh akan memulai meningkatkan kewaspadaannya ketika kehadiran antigen mulai tercium. Sistem imun mulai dioperasikan untuk melindungi tubuh dari kemungkinan terjadinya infeksi.

Pada awal dimulai bekerjanya sistem imun, beberapa sel akan mulai mencari sumber antigen yang menyerang. Sel ini kemudian akan memberikan sinyal kepada limfosit B untuk menghasilkan antibodi. Antibodi merupakan senyawa protein yang bertugas untuk menempel pada antigen tertentu. Antibodi ini akan melemahkan dan menghancurkan antigen secara perlahan.

Antibodi juga akan menetralkan racun dan mengaktifkan protein yang disebut dengan komplemen. Ini merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh. Fungsinya adalah untuk membasmi virus, bakteri ataupun sel yang terkena infeksi.

Penyebab Lemahnya Sistem Imun


Sistem imun di dalam tubuh bisa melemah karena beberapa kondisi tertentu yaitu :

1. Faktor Stress

Stress akibat lingkungan di luar tubuh ternyata dapat mempengaruhi kekuatan dan kemampuan antibodi dalam melawan penyakit. Sakit kepala, sakit di daerah dada, gelisah, pikiran tidak karuan dan rasa khawatir yang berlebihan merupakan gejala stress.

2. Kurang Gerak

Berdasarkan penelitian, tubuh yang kurang gerak atau olah raga rawan terserang penyakit. Sebab, sistem kekebalan tubuh menurun. Sel darah putih yaitu terutama neutrofil akan lebih aktif bergerak jika tubuh berolah raga secara teratur.

3. Kurang Istirahat

Kurang istirahat atau dalam hal ini kurang tidur juga dapat menyebabkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang terlalu lemas tidak akan menghasilkan sel darah putih dengan maksimal, kerja sistem imun juga tidak efektif, oleh sebab itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh untuk istirahat.

Tips Meningkatkan Sistem Imun

Setelah mengetahui beberapa penyebab melemahnya sistem imun, setidaknya Anda mengetahui hal apa saja yang harus dihindari. Stress, kurang olah raga dan kurang istirahat penting untuk dihindari. Anda juga harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh supaya pembentukan sel darah putih sebagai agen utama sistem imun dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh dari segala macam bakteri, virus ataupun kuman yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa informasi mengenai sistem imun tubuh kita. Menjaga polah hidup sehat, makanan bergizi dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan adalah satu kesatuan dalam menjaga supaya sistem imun tubuh bekerja dengan maksimal.

1 Response to "Memahami Kerja Sistem Imun dalam Tubuh serta Cara Meningkatkannya"

  1. izin share ya admin :)
    mari segera bergabung bersama kami,
    dan menangkan berbagai hadiah menarik lainnya,
    hanya di f*a*n*s*b*e*t*t*i*n*g

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel