Ini Dia Faktor Pemicu Seseorang Terkena Gangguan Pendengaran

Menjadi indera yang selalu aktif dan bekerja seharian, indera pendengaran rentan mengalami gangguan. Baik gangguan sejak lahir (bawaan lahir), ataupun karena faktor tertentu. Ciri ciri gangguan pendengaran umumnya berupa fungsi indera pendengaran yang menurun. Ada juga gejala berupa munculnya nyeri atau telinga berdengung yang mengganggu.

Ini Dia Faktor Pemicu Seseorang Terkena Gangguan Pendengaran

Jauhi Faktornya Untuk Mencegah Gangguan Pada Pendengaran

Banyak sekali faktor yang berhubungan dengan kebiasaan kita sehari-hari dan memicu fungsi indera pendengaran menurun. Faktor lain yang bisa juga dihindari ialah terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut beberapa faktor penyebab seseorang mengalami gangguan pendengaran.

a) Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia, khususnya ketika memasuki fase dewasa lansia, fungsi pendengaran tidak semaksimal ketika usia muda. Memang tidak semua orang dewasa dan lainsia mengalami gangguan pada pendengaran, tetapi sebagian besar mengalaminya. Hal tersebut dinamai dengan gangguan pendengaran presbikusis.

b) Terjadi Infeksi Akibat Kotoran

Terlalu sering membersihkan telinga dengan cotton buds memang tidak disarankan, begitu pula bila Anda terlalu cuek dengan kebersihan area telinga. Sama-sama menumpuk kotoran pada telinga. Akan menimbulkan penumpukan kotoran yang bisa memicu infeksi atau rongga telinga tersumbat. Rutin bersihkan area telinga dengan cara yang tepat merupakan langkah yang paling baik.

c) Kebiasaan Menyetel Suara Keras

Membiasakan indera pendengaran untuk menerima volume suara keras hampir setiap hari atau bahkan setiap waktu akan membuat bagiannya mengalami kerusakan. Sehingga bisa memicu gangguan pendengaran yang sangat serius. Contohnya, terlalu sering mendengarkan musik dengan volume melewati batas.

d) Berlebihan Mengonsumsi Obat

Ada beberapa jenis obat-obatan pemicu mengurangi fungsi pendengaran seperti antibiotik kelompok streptomycin, aspirin, dan obat kemoterapi. Mengonsumsi obat-obatan tersebut dalam jangka waktu terlalu lama bisa membuat pendengaran kehilangan fungsi selamanya.

e) Menderita Penyakit

Faktor terakhir ialah karena menderita penyakit yang bisa mengganggu suplai darah ke bagian telinga. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya diabetes, hipertensi, serta penyakit jantung. Gaya hidup sehat dan memerhatikan kesehatan secara rutin bisa menjauhkan risiko terkena penyakit-penyakit ini.

Bila mengalami gangguan pendengaran parah, bisa menggunakan alat pendengaran telinga untuk membantu aktivitas Anda sehari-hari. Selain itu mendapat arahan atau tindakan dari dokter ahli menjadi solusi paling tepat.

1 Response to "Ini Dia Faktor Pemicu Seseorang Terkena Gangguan Pendengaran"

  1. mari segera bergabung bersama kami di fansbetting
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya
    ditunggu yahhh kehadirannya bosku

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel