Beberapa Penyebab Bayi Sakit Matanya Dan Cara Mengatasinya

Organ terpenting yang merupakan salah satu dari panca indera manusia adalah mata. Mata ini merupakan satu satunya alat yang bisa digunakan manusia untuk dapat melihat secara visual. Organ mata ini selain penting tetapi juga bisa dibilang cukup sensitif. Akan berakibat fatal jika organ mata ini mengalami gangguan sedikit saja. Sakit mata bisa dialami oleh siapa saja dan termasuk salah satunya si kecil yang masih bayi. Dapat ibu bayangkan jika bayi mengalami sakit pada bagian matanya, pastinya akan sangat mengganggu dan ibu pun akan merasa khawatir karena bayi biasanya akan menjadi rewel.


Oleh karena itu bagi setiap orang tua yang memiliki bayi, maka jauhkan si kecil dari hal hal yang berpotensi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mata si kecil. Sebagai contoh jauhkan si kecil dari jangkaun debu dan tangannya harus dicegah melakukan kontak secara langsung dengan matanya. Hal tersebut penting dilakukan ibu karena bayi kebanyakannya akan sering menggunakan tangannya untuk menyentuh hal apapun yang dapat disentuhnya, tanpa dirinya menyadari apa yang disentuhnya itu dapat membahayakannya.

Tangan si kecil yang mengandung bakteri dan virus akan dengan mudah berpindah ke mata. Pada saat si kecil merasakan terjadinya sesuatu pada bagian matanya misalnya saja rasa gatal atau perih, maka secara otomatis si kecil akan mengucek matanya. Jika hal ini terjadi maka akan lebih mudahnya virus dan bakteri untuk menyebar sehingga akan menyebabkan sakit mata pada bayi. Mata bayi yang merasa sakit ini biasanya terjadi karena kebiasaan bayi yang sering mengucek ngucek matanya setelah dirinya menyentuh benda benda asing disekitarnya yang kemungkinannya mengandung bakteri.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bayi merasakan sakit pada matanya diantaranya yaitu :

•  Terkontaminasinya mata bayi oleh bakteri dan virus, hal ini bisa terjadi karena kebiasaan bayi yang sering menyentuh area sekitar matanya setelah si kecil berinteraski dan menyentuh benda benda yang ada disekelilingnya yang kemungkinannya mengandung kuman dan bakteri.

• Secara tidak sengaja mata bayi kemasukan bakteri dan debu jalanan.

• Mata bayi mendapat paparan radiasi dari alat elektronik secara berlebihan.

• Dan bayi kurang mendapat asupan Vitamin A.

Itulah 4 hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada mata bayi. Bayi pada umumnya belum mengetahui dengan benar dan mengerti pada saat matanya mengalami gangguan. Selain itu juga bayi belum mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan matanya. Oleh karena itulah setiap orang tua harus cekatan dan melakukan pengawasan, sehingga nantinya dapat dicegah dan diatasinya sakit mata yang kemungkinannya akan dialami si kecil.

Setelah ibu mengetahui hal hal yang menyebabkan bayi merasa sakit pada bagian matanya, maka saatnya ibu untuk mencari tahu cara untuk mengatasinya. Berikut cara untuk mengatasi sakit mata yang dialami bayi diantaranya yaitu :

1. Dengan Selalu Memperhatikan Kebersihan Mata Bayi 

Supaya bayi tercegah dari sakit mata maka sebaiknya ibu senantiasa menjaga kebersihan mata bayi dari adanya belekan yang seringkali dialami oleh para bayi. Memang awalnya belekan tersebut hanya sedikit saja tetapi jika tidak segera diatasi, maka lama kelamaan belekan tersebut akan semakin banyak dan parah dan bahkan dapat menghalangi penglihatan si kecil.

2. Dengan Selalu Mewaspadai Terjadinya Penyumbatan Saluran Mata Air Pada Bayi 

Jika terjadinya kondisi dimana tersumbatnya saluran mata air bayi, maka ibu harus segera melakukan pemijatan pada area lingkar mata bayi dan juga bagian batang hidungnya untuk melancarkannya kembali.

3. Dengan Menghindarkan Bayi Dari Kontak Debu Secara Langsung 

Cara ini sangat penting dilakukan ibu terlebih pada saat bayi sedang diajak berpergian keluar rumah. Terkadang akan adanya serangan debu yang sulit diprediksikan karena datangnya tiba tiba sehingga ibu harus selalu mengawasinya. Sebaiknya bayi dihindarkan dari kontak langsung debu, untuk melindungnya ibu bisa menutupi bagian wajah si kecil dengan kain ataupun media lainnya yang bersih.

4. Harus Menjadi Lebih Peka 

Didalam hal ini supaya bayi terhindar dari ancaman sakit mata maka ibu tentunya harus lebih peka untuk bisa mendeteksi pada saat terjadinya hal hal kecil yang tidak normal pada mata bayi. Karena bagaimanapun mata ini adalah adalah salah satu organ penting yang akan menjamin masa depan si kecil nantinya.

Yang perlu diingat adalah jika mata ini organ penting yang harus selalu dijaga kebersihannya. Dan jangan biarkan terjadinya keluhan yang menganggu mata dan yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada mata. Oleh karena itu setiap ibu harus mengenali tanda tanda kecil sedini mungkin jika telah terjadinya keluhan atau gangguan pada mata bayi.

Baca Juga : Kenali gejala alergi pada bayi karena penggunaan deterjen

Terjadinya infeksi atau sakit mata pada bayi adalah hal yang lazim dan akan sering ditemui. OIeh karena itu ibu tidak perlu panik, cobalah untuk mengenali terlebih dahulu jenis infeksinya. Setelah itu baru bisa dilakukan langkah langkah untuk mengobatinya. Salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit mata pada bayi adalah dengan menggunakan air rendaman daun sirih.

0 Response to "Beberapa Penyebab Bayi Sakit Matanya Dan Cara Mengatasinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel