3 Penyebab Kram Perut Pada Wanita Saat Menstruasi

Saat wanita sedang mengalami datang bulan, biasanya akan mengalami gangguan yang membuat ruang geraknya menjadi tidak nyaman. Selain kram pada bagian perut, biasanya rasa nyeri yang terjadi akan menjalar ke bagian paha dan area tubuh lainnya. Banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab perut kram pada wanita saat mengalami menstruasi di setiap bulan.

3 Penyebab Kram Perut Pada Wanita Saat Menstruasi

Penyebab perut kram pada umumnya disebabkan karena haid tidak lancar. Karena kondisi nyeri pada pinggang akan berlangsung pada hari pertama hingga hari ketiga, dimana pada awal-awal menstruasi darah yang keluar memang tidak lancar. Jika mengalami kram lebih dari tiga hari, ada baiknya Anda segera konsuktasikan pada dokter guna mendapatkan penanganan medis secara maksimal.

Adapun penyebab kram dan nyeri yang kerap terjadi adalah sebagai berikut :

1.Adanya fibroid

Fibroid merupakan penyebab terjadinya kram perut saat menstruasi. Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang jika tumbuh secara terus menerus dapat menyebabkan rasa nyeri saat wanita mengalami menstruasi. Selain itu, jika memang Anda memiliki firoid pada dinding rahim bisa mengalami pendarahan. Rasa nyeri akan timbul karena rahim memang harus berkontraksi guna mengusir gumpalan darah tersebut.

2.Endometriesis

Kondisi ini merupakan kondisi dimana endometrium berada di luar rahim, atau lebih tepatnya melingkar pada bagian uetrus panggul dan ovarium, kandungan kemih, dasar panggul, serta saluran telur. Jaringan endometriesis ini yang menberikan rasa sakit dan nyeri pada perut. Jika sakit yang dirasa terjadi secara terus menerus, ada baiknya segera melakukan konsultasi pada dokter spesial kandungan.

3.Pelvic Inflamamatory Disease

Penyebab perut kram wanita selanjutnya adalah karena adanya masalah infeksi pada saluran reproduksi wanita yang memang kerap terjadi akibat adanya bakteri seksual yang menular. Saat Anda mengalami PID dan tidak langsung mendapatkan penanganan, maka bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada seluruh jaringan perut, infertilitas, dan nyeri haid.

Faktor Haid tidak lancar juga bisa menjadi pemicu adanya nyeri pada perut saat wanita mengalami mentrusi selain ketiga faktor di atas. Pastikan untuk selalu mengamati rasa nyeri yang Anda alami saat datang bulan, jika nyeri yang dirasa tidak seperti biasanya ada baiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan terdekat.

0 Response to "3 Penyebab Kram Perut Pada Wanita Saat Menstruasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel