Contoh Pentingnya Customer Service

Customer service adalah jabatan atau pekerjaan di suatu perusahaan yang sangat penting, sebagai front liner suatu perusahaan yang menerima semua keluhan pelanggan secara langsung. Tugas utama seorang customer service adalah melayani kebutuhan pelanggan dan memberi solusi, menyelesaikan permasalahan pelanggan dengan perusahaan, mencatat pesanan, memberi informasi berguna yang berhubungan dengan kantor dan lain-lain. CS biasanya ditempatkan di front office dan berinteraksi secara langsung atau secara tatap muka dengan pelanggan atau back office dan komunikasi melalui telepon atau internet.

Contoh Pentingnya Customer Service

Pekerjaan sebagai CS bisa di bilang sebagai pekerjaan pokok atau yang sangat penting di dalam suatu perusahaan, karena melalui pekerjaan tersebut terdapat interaksi awal antara perusahaan dengan pelanggan atau konsumen perusahaan. Pekerjaan ini biasanya banyak mencari dari lulusan D3 atau S1 dari semua jurusan, mampu berkomunikasi dengan baik, menguasai komputer, mampu menggunakan bahasa inggris aktif, ramah dan ceria.

Sebagai customer service tentu harus berhati-hati dalam bertindak melayani pelanggan, karena sedikit kesalahan akan menjadi pembicaraan besar para pelanggan. Sebagai CS dianjurkan untuk berpenampilan rapi, menarik dan ceria agar pelanggan merasa nyaman saat berinteraksi dalam menyampaikan keluhan kepada perusahaan.

Saat ini banyak cara untuk berkomunikasi ketika ingin menyampaikan keluhan terhadap perusahaan. Contohnya kini perusahaan XL Axiata yang semakin berkembang untuk meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. Saat ini Customer Service XL sudah memilliki 5 Jalur penanganan keluhan yang sangat mudah untuk diakses antara lain:

IVR 818
Contact Center 817 (Regular, Korporasi dan Premium)
Korespondensi
XL Center
Social Media yang merupakan jalur terbaru layanan informasi dan keluhan.
Saluran terbaru ini bernama Xplor Center yang rencanya akan dihadirkan di Central Park, Kuningan City dan Senayan City.

Contact Center 817 sudah memiliki Customer Service Agent sekitar 850 agen yang siap melayani pelanggan Regular, Korporasi, dan Premium selama 24 jam sehari. Kini untuk XL Center, saat ini sudah berdiri di 112 XL center dengan lokasi yang strategis dan nyaman di seluruh Indonesia, dan siap dilayani sekitar 600 Customer Service profesional XL.

0 Response to "Contoh Pentingnya Customer Service"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel